Ciri Ciri Ayam Aduan Bangkok Birma / Mathai Asli Super Berkualitas

Ciri Ciri Ayam Aduan Bangkok Birma / Mathai Asli Super Berkualitas - Ayam Bangkok Birma Asli merupakan hasil persilangan antara ayam Thailand asli yang lebih dikenal sebagai ayam Bangkok dengan ayam Myanmar asli atau yang dikenal sebagai ayam Birma. Untuk masa sekarang ayam jenis Bangkok Birma ini sangat diminati dan sedang menjadi trend dikalangan para peternak ayam aduan di Thailand.

Ciri Ciri Ayam Aduan Bangkok Birma / Mathai Asli Super Berkualitas
Ciri Ciri Ayam Aduan Bangkok Birma / Mathai Asli Super Berkualitas

Ayam ini sering dijadikan sebagai ayam petarung pada acara adu ayam, sementara di Indonesia saat ini juga sudah banyak ayam jenis ini yang diimpor langsung dari Thailand.

Harganya tergolong mahal, sebab untuk satu ekor saja bisa mencapai harga jutaan rupiah. Karena banyak diminati dan harga yang relatif mahal, maka di Indonesia saat ini banyak peternak yang mulai mengembangbiakan persilangan antara ayam Bangkok Birma dari Thailand dengan ayam lokal Indonesia, sehingga menghasilkan ayam jenis campuran yang baru.

Ayam Bangkok Birma untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh peternak ayam di Thailand yang memang berprofesi sebagai pialang ayam aduan. Para peternak tersebut dengan sengaja mengawinkan ayam Bangkok dengan ayam Birma karena melihat kemampuan tarung dan daya tahan yang luar biasa dari kedua jenis ayam ini saat bertarung.

Ayam Birma memiliki gaya tarung yang tidak dimiliki oleh ayam Thailand, untuk mendapatkan gaya tarung ayam birma pada wujud ayam Bangkok , para peternak itu kemudian melakukan penyilangan agar mendapatkan ayam Bangkok Birma yang memiliki gaya tarung dan kekuatan serta daya tahan yang luar biasa sekaligus.

Dengan masuknya ayam jenis ini, tak pelak membuat para peternak ayam aduan di indonesia berlomba-lomba mengembang biakannya untuk meraup keuntungan karena harganya yang relatif tinggi (mahal ). Banyak juga peternak mengawinkan ayam jenis ini dengan ayam lokal Indonesia, kemudian menjual ayam jenis campuran sebagai ayam Bangkok Birma asli untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Adapun ayam Birma asli memiliki ciri-ciri seperti bertulang kecil, bentuk jengger seperti bantam ular atau cabe rawit, memiliki paruh yang tajam dan lurus, bentuk ,mata besar , bulu sayap tebal dan panjang, sisik kecil dan penuh, taji agak kering serta terdapat warna putih pada bagian telinga. Ayam Birma asli bertarung dengan gaya yang agresif dan taktis, tidak melawan secara langsung berhadap-hadapan tapi lebih mengutamakan tehnik tarungnya.

Inilah ulasan singkat mengenai Ayam Bangkok Birma dan gaya serta beberapa cirinya yang khas, semoga dapat membantu para pecinta ayam aduan dalam memilih.